Sedikit Tentang Torrent dan Tips Bagaimana Mempercepatnya

on Monday, November 16, 2015
Sedikit browsing mengenai torrent, nemu sebuah artikel yang cukup menarik, yakni mengenai apa itu torrent dan cara kerjanya, serta tips bagaimana cara mempercepatnya. Jika kalian tertarik, silakan baca artikel dibawah ini:
Apa itu torrent?
Setelah mencari tahu lewat Wikipedia, sebenarnya tidak ada istilah “Torrent”, melainkan “.torrent”, dengan sebuah titik (dot) didepannya, yang mengindikasikan bahwa istilah tersebut mengacu kepada ekstensi sebuah file. File .torrent prinsipnya adalah sebuah file “container” yang berisi informasi tekstual yang diperlukan untuk men-download sebuah file. Informasi yang terkandung dalam sebuah file .torrent antara lain besar ukuran file, nama file, alamat track URL, komentar, dan lain-lain.
Ex. Seringkali kita mendownload sebuah file via protocol torrent ini, namun kita tidak terlalu memahami apa dan bagimana sebenarnya torrent ini. Terutama pada istilah-istilah khusus yang ada di torrent, seperti “peers”, “seed”, “seeding”, dan apa arti dari istilah-istilah tersebut, dan apa faktor yang terpengaruhi dan mempengaruhi istilah-istilah tersebut.Sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu secara sangat singkat perihal teknologi torrent. Sebenarnya istilah “torrent” mengacu pada sebuah jenis file container “.torrent” yang menggunakan teknologi peer-to-peer yang dinamakan BitTorrent. Seperti halnya sharing protocol yang lain, seperti Gnutella, eDonkey2000, FastTrack, dll, BitTorrent juga merupakan protokol yang berbasis sharing community, yang artinya, semua file yang ada di dunia protokol BitTorrent ini merupakan ’sumbangan’ dari user (peer) yang dengan sengaja ‘berbagi’ sebuah file dengan cara memberikan akses publik melalui file container .torrent. Pada saat kita akan mendownload sebuah file di protokol BitTorrent, kita hanya perlu mendapatkan sebuah file .torrent (lihat definisinya di bagian berikut tulisan ini) yang ukurannya tidak terlalu besar, sebagai ‘pemandu’ kita menuju file yang kita ingin download.
Sebagai gambaran perbandingan jenis sharing protocol, Limewire menggunakan protokol Gnutella sebagai basis protokolnya (namun support juga ke protokol BitTorrent), bukan menggunakan protokol BitTorrent. Sedangkan Azureus atau BitTorrent menggunakan protokol bittorrent sebagai basis protokol peer-to-peer sharing-nya.
Disebut BitTorrent / Torrent
BitTorrent adalah sebuah metode dan juga merupakan protokol peer-to-peer yang memperbolehkan user untuk terhubung secara langsung dengan user lain untuk mengirim atau menerima bagian dari sebuah file atau distribusi data, melalui sebuah server sentral yang dinamakan “tracker”. Tracker ini tidak memiliki atau mengandung informasi tentang sebuah file. Tracker hanya mengatur dan mengkoordinasikan sebuah koneksi diantara setiap peer.
P2P (peer-to-peer) : Komunikasi dua arah antara PC yang satu dengan PC yang lain yang terhubung secara langsung. Biasanya digunakan untuk sarana transfer file dimana antar keduanya terdapat aktifivas download dan upload, dan saling berbagi file.
Simply Bitorrent: merupakan sebuah file kecil yang berisi data alamat dan bagaimana mengambil sebuah file. bittorrent menghubungi  tracker yang menyediakan file. menyediakan sebuah file untuk d sharing berarti mengirim informasi data yang diperlukan untuk menghubungi peers dan seeders dari file. Atau protokol berbagi, anda yang sudah kelar mendownload harus berbagi dengan pihak-pihak yang masih mendownload.

Beberapa istilah dalam Torrent
Torrent File
adalah sebuah file berisikan metadata atau informasi mengenai data pada torrent. Biasanya berisi nama file, hash file, ukuran file, url tracker, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk memberitahu klien BitTorrent dimana harus menemukan tracker yang mengatur pengunduhan
dan pengunggahan sebuah file/data, oleh karena itu sebuah file torrent biasanya sangat kecil, hanya beberapa KB saja. File ini biasanya memiliki ekstensi .torrent.
Seed/Seeder
Adalah orang yang telah memiliki file/data lengkap dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan secara otomatis meng-upload-nya. Logikanya, makin banyak jumlah seeders, maka presentase keberhasilan download sebuah file makin besar. Maka dari itu SANGAT disarankan untuk tetap menjalankan Bit Torren client seletelah anda berhasil mengunduh sebuah arsif sekurang-kurangnya selama waktu yang anda butuhkan untuk mengunduh file yang telah anda dapatkan untuk memastikan pengunggah file yang sama juga bisa mendapatkannya. Bagi dan bagilah!
Leech/ Leecher
Adalah orang yang baru saja men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. “Peer” juga masuk ke dalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file.. Istilah “Peer” juga bisa diartikan sebagai “user” atau “client”. Dan setelah “Peer / Client” mendownload maka menjadi “Seeder”
A-hit-and-runner
Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0. Tentu saja ini adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan. ‘A-hit-and-runner’ ini sering juga disebut atau sama saja dengan Leechers, yang dikategorikan seperti sebuah parasit. Walaupun istilah yang digunakan sama dengan seseorang yang baru saja akan men-download sebuah file, tapi untuk istilah ini, lebih berkonotasi negatif, dan merupakan perilaku yang buruk.
Swarm
Secara sederhana bisa disebut sebagai “ekosistem”, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.
Apa itu “Ratio”?
Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Bit Torrent adalah sebuah protokol berbagi, jadi tentu saja, berbagi menjadi suatu keharusan. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan.
Berapa jumlah Rasio yang baik?
1.0 atau lebih. Ini berarti kita telah meng-upload lebih dari yang kita download. Sikap seperti ini sangat penting bagi ‘komunitas berbagi’ ini. Walaupun seringkali kita sangat berat dan enggan untuk melakukan seed dari file yang telah kita download, namun usahakan hal tersebut dilakukan.
UD Ratio
adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload)
Tracker
adalah suatu server yang bertugas untuk membantu komunikasi dan pertukaran data diantara peer. Juga menyediakan informasi mengenai peer yang terhubung. Tracker dalam dunia P2P dibedakan menjadi 2 macam yaitu public/open tracker dan private/closed tracker.
Public Tracker
adalah tracker yang dapat diakses oleh setiap pengguna torrent.
Private Tracker
adalah tracker yang hanya dapat diakses oleh pengguna torrent secara terbatas. Dalam hal ini, untuk dapat terkoneksi dengan private tracker, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar untuk mendapatkan akun. Dan biasanya untuk mendapatkan/mendaftar akun pada private tracker hanya dapat dilakukan melalui invite. Private tracker mengontrol rasio setiap anggotanya sehingga keberlangsungan file torrent tetap terjaga. Biasanya private tracker akan melimit user apabila ratio telah mencapai batas minimum yang ditentukan.
DHT
yaitu suatu tracker terdistribusi yang memiliki cara kerja yang sama dengan tracker biasa. Namun karena sifatnya yang tersebar, maka tidak ada single point of failure seperti halnya pada tracker biasa, yang apabila server mengalami downtime, maka koneksi antar peer tidak dapat bekerja.
Peer Excange
yaitu suatu fitur pada aplikasi torrent client Fitur untuk bertukar daftar peer dengan peer lain, biasanya terbatas untuk peer yang menggunakan aplikasi torrent client yang sama). Dengan pertukaran ini dimungkinkan pengguna menemukan dan terhubung dengan peer lainnya yang tidak termasuk dalam daftar peer yang disediakan oleh tracker.
Local Peer Discovery
sebuah metode untuk menemukan peer lain dalam jaringan lokal menggunakan IP multicast.
Magnet URL
suatu link yang memberitahukan aplikasi torrent client untuk mencari file dan mendownloadnya melalui DHT.
Bagaimana Torrent Bekerja ?
.................

Tertarik membaca artikel lengkapnya? silakan langsung saja menuju sumber artikel terkait di Blog milik Bung Johan Iriawan Akbar di

Apa itu Torrent ? Cara Kerjanya ? dan Mempercepatnya ?

0 comments:

Post a Comment