Apa Itu "Inspect Element"?

on Thursday, May 10, 2012
Pernahkan anda menggunakan fungsi klik kanan sebuah mouse? Semua yang mengenal komputer pastilah pernah atau bahkan sering menggunakan fungsi klik kanan mouse. Beberapa fungsi memang harus menggunakan fungsi ini, semisal untuk eject, properties, compress to, extract to, play with, send to, dan seterusnya. Namun, seberapa banyak fungsi klik kanan yang anda ketahui?

Dalam dunia blogging, bagi anda yang sering menyimpan halaman dari sebuah blog atau website tentu terbiasa menggunakan fungsi klik kanan "save page as" atau "save image as" (untuk gambar). Namun, tahukah anda jika ada sebuah fungsi klik kanan yang sangat bermanfaat buat anda yang merupakan blogger pemula yang hendak mengutak atik blog anda agar terlihat sesuai dengan keinginan anda? ada sebuah fungsi baru yang bernama "Inspect Element."

Jika anda menggunakan browser Google Chrome, maka anda akan terbiasa melihat fungsi ini saat anda mengeklik kanan mouse anda. Namun, sedikit berbeda dengan Mozilla. Mozilla Firefox mulai menyediakan fungsi ini akhir-akhir ini saja. Sebelumnya, tidak terdapat fungsi ini dalam klik kanan Mozilla.

Lalu apa sebenarnya fungsinya?
Klik untuk memperbesar
Gambar diatas adalah sebuah contoh hasil fungsi klik kanan pada browser Google Chrome. Terlihat bagian bawah ada dua jenis bahasa pemprograman sebuah blog (blog saya sendiri sebagai contoh). Jika anda perhatikan, dua jenis bahasa pemprograman itu adalah bahasa HTML dan CSS. Dua hal ini adalah unsur pembentuk suatu blog atau website.

Bagi anda blogger pemula, yang masih amatir dalam bahasa pemprograman, fasilitas ini akan sangat membantu anda dalam mengatur, mengubah, serta memodifikasi blog anda dengan preview secara langsung. Setelah anda memodifikasi blog anda melalui fungsi "inspect element" ini, dan tampilan blog anda telah sesuai dengan yang anda harapkan, segera copas data yang tadi anda rubah ke dalam bagian "edit HTML" pada blogger dan "Edit Theme" pada wordpress.
Fungsi Inspect Element berada paling bawah dari klik kanan
Yang perlu diingat, hasil editan yang telah anda buat melalui fungsi ini harus segera anda pindahkan ke blog anda. Hasil editan dalam fungsi ini bersifat real time dan sementara. Jadi, jika anda telah membuat sebuah editan, baik itu HTML maupun CSS, namun tidak anda pindahkan ke HTML dan CSS blog anda maka hasil editan akan hilang seiring saat anda merefresh/reload blog anda.

Akan lebih bagus jika anda telah mempelajari beberapa tutorial pengeditan/customisasi blog sebelum anda mulai menggunakan fungsi ini. Inspect Element hanya berguna sebagai media preview saja.

Itulah sekilas mengenai fungsi "inspect element" yang saya temui beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat.
Tampilan Inspect Element pada Mozilla agak berbeda dengan Chrome, namun pada dasarnya fungsinya sama.



3 comments:

Unknown said...

terima kasih banyak atas informasinya, karena ini sangat berguna bagi saya, saya baru tau, ternyata pengeditan pada inspect element bersifat sementara.,

Anonymous said...

inspect element bisa digunakan untuk hal yang sifatnya lebih dari sementara jika mencoba lebih mengerti tentang prinsip bahasa programmingnya. saya sudah mencoba hal tersebut

Furqon Abdi said...

Terima kasih atas komentarnya "Anonymous". Mohon maaf sebelumnya karena saya tidak mengerti bahasa programming, hanya belajar otodidak pakai prinsip trial and error saja. Makanya, bahasa yang saya gunakan juga sangat umum, tidak ada bahasa programming disitu. Kalau menurut anda yang lebih mengerti prinsip bahasa programming, manfaat atau fungsi apalagi yang bisa diambil dari Inspect Element ini? Kalau boleh silakan dishare disini, atau kalau anda sudah menulisnya di blog anda, bisa dishare disini linknya.

Post a Comment